Karakteristik Marshall Dengan Penggunaan Sesai Terhadap Campuran AC-WC

Saleh, Khairul (2021) Karakteristik Marshall Dengan Penggunaan Sesai Terhadap Campuran AC-WC. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bengkalis.

[img]
Preview
Text (Abstract)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Full Text)
FULL TEXT TA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Bahan pengisi (filler) adalah agregat yang lolos pada saringan No. 200 pada campuran aspal panas. Filler bertujuan untuk meningkatkan kerapatan dan stabilitas dan massa campuran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan sesai sebagai pengganti filler pada campuran Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC) dengan melihat karakteristik Marshall Test tersebut. Penelitian ini dilakukan ada beberapa pertahapan, yaitu tahap pertama pengujian sifat material terdiri dari pengujian agregat, aspal dan filler Sesai. Tahapan kedua menentukan kadar aspal optimum pada proporsi filler pengganti 0%, 25%, 50%, 75% dan 100% filler Sesai. Tahapan ketiga melakukan pengujian Marshall Test. Tahapan ke empat dengan metode Bina Marga tahun 2018 dan pengambilan kesimpulan dari hasil pengujian yang dilakukan. Hasil pengujian Marshall Test menunjukkan bahwa campuran mengalami perubahan karakteristik Marshall Test cukup signifikan yaitu pada kemampuan campuran menahan beban semakin menurun dan kelelehan semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat pada nilai stabilitas mengalami penurunan, flow mengalami peningkatan, nilai MQ mengalami penurunan di kadar aspal optimum, VITM mengalami kenaikan, Density mengalami penurunan, VFWA mengalami penurunan dan VMA mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan keawetan (Durability) semakin menurun. Dan bisa terjadinya perubahan pembentukan pada perkerasan jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmailNIDN/NIDK
Thesis advisorSastra, Marhadimarhadi @polbeng.ac.idNIDN0014038901
Uncontrolled Keywords: AC-WC, Filler Sesai, Marshall
Subjects: 410 ILMU TEKNIK > 420 TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN TATA RUANG > 421 Teknik Sipil
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > Diploma Tiga Teknik Sipil > TUGAS AKHIR
Depositing User: D3 Teknik Sipil B
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:17
Last Modified: 21 Oct 2021 08:17
URI: http://eprints.polbeng.ac.id/id/eprint/2508

Actions (login required)

View Item View Item