Fattah, Irsyad Al (2024) Analisis Pelaksanaan Dinas Jaga Anjungan KN Rupat Dalam Mencegah Bahaya Tubrukan Di Selat Rupat. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bengkalis.
Text (Abstrak)
TA-8103201078-Abstrak.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
TA-8103201078-BAB 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (150kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
TA-8103201078-Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (53kB) |
|
Text (Full Text)
TA-8103201078- Full Text.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui tugas jaga sesuai prosedur yang sudah ditetapkan perusahaan pelayaran maupun aturan internasional, memastikan apakah aturan tersebut sesuai dengan peraturan pencegahan tubrukan di laut/P2TL serta proses dan hambatan saat melakukan dinas jaga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah tugas jaga tersebut sudah sesuai prosedur yang sudah ditetapkan aturan internasional, apakah aturan tersebut sudah diterapkan sesuai dengan peraturan pencegahan tubrukan di laut/P2TL dan bagaimana proses dan hambatan saat melakukan dinas jaga anjungan KN Rupat saat berlayar di Selat Rupat. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juni tahun 2024 di KN Rupat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini addalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada narasumber seperti nakhoda dan awak kapal di KN Rupat serta melakukan studi pustaka berupa penerapan pelaksanaan dinas jaga untuk melengkapi data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada proses dinas jaga, prinsip dan pedoman yang ada dalam kode STCW yang diterapkan oleh KN Rupat, penerapan Peraturan Pencegahan Tubrukan di Laut (P2TL) dapat dilihat dalam pembagian tugas jaga dan penggunaan aturan 14 saat kondisi kapal berpapasan dan proses dan hambatan saat berlayar ke KN Rupat yaitu kapal hampir berpapasan, daun kemudi kapal rusak dan anak buah kapal tidak standby. Sehingga dapat disimpulkan bahwasnnya pelaksanaan dinas jaga anjungan KN Rupat berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan P2TL.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | dinas jaga, tubrukan kapal | ||||||||
Subjects: | 410 ILMU TEKNIK > 480 ILMU PERKAPALAN > 484 Teknik Kelautan dan Ilmu Kelautan | ||||||||
Divisions: | Jurusan Kemaritiman > Diploma Tiga Nautika > TUGAS AKHIR | ||||||||
Depositing User: | D3 NAUTIKA D3 NAUTIKA | ||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2024 03:28 | ||||||||
Last Modified: | 29 Aug 2024 03:28 | ||||||||
URI: | http://eprints.polbeng.ac.id/id/eprint/14349 |
Actions (login required)
View Item |